Senin, 04 April 2011

TUGAS PERSPEKTIF GLOBAL

Nama : Dewi Septika Wati

Prodi: PGSD

Kelas ; A2-2008

NPM : 08144600084

Tugas Perspektif Global

Indonesia telah menerapkan program MDG’s. Evaluasi lah program tersebut. Tulislah selengkapnya!

Jawab:

Indonesia merupakan salah satu negara yang telah menerapkan program MDG’s,namun masih banyak hal yang belum dapat di terapkan di Indonesia. Pada kenyataannya masyarakat Indonesia masih jauh dari kemakmuran.

Poin pertama yaitu mengenai Pengentasan kemiskinan dan kelaparan yang ekstrim. Pada kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia yang mengalami kemiskinan, apalagi Indonesia menduduki peringkat 68 dari 100 negara miskin di dunia. dapat di artikan bahwa program MDG’s pada poin pertama belum dapat di laksanakan dengan baik. Sebaiknya lebih diperhatikan lagi dalam perencaan dan pelaksanaannya.


Poin kedua yaitu pemerataan pendidikan dasar. target untuk 2015. Di Indonesia masih sangat kurang akan kesadarannya dalam pendidikan. Banyak orang kaya tetapi tidak mau menyekolahkan anaknya karena mereka berfikir bahwa tanpa pendidikan mereka bisa sukses, jadi pendidikan tidak di anggap penting oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Banyak juga warga di Indonesia yang kurang mampu dalam segi ekonomi untuk menyekolahkan anaknya sehingga anak disuruh untuk mencari nafkah dan tidak bersekolah.


Poin ketigan yaitu mendukung adanya persamaan jender dan pemberdayaan perempuan. Pemerataan pendidikan dasar sudah cukup baik dilaksanakan di Indonesia, sehingga persamaan jender dan pemberdayaan perempuan sudah dapat terlaksana di Indonesia. Indonesia sudah menyetarakan persamaan hak antara perempuan dan laki-laki. Misalnya perempuan juga bisa bekerja dan perempuan sudah pernah menjadi presiden di Indonesia.


Poin keempat yaitu mengurangi tingkat kematian anak. Masih banyak tingkat kematian anak di Indonesia. Sering terjadinya kasus pembunuhan anak yang dapat menaikkan tingkat kematian anak, banyaknya penculikan yang bisa menyebabkan anak sakit dan bahkan bisa meninggal dunia, banyaknya orang tua yang kurang mampu secara ekonomi, sehingga anak menjadi korban misalnya anak kekurangan gizi yang lama-kelamaan bisa meninggal dunia. Selain itu juga banyak anak muda yang hamil di luar nikah dan belum siap menerima kenyataan sehingga membunuh anak tersebut.

Poin kelima yaitu meningkatkan kesehatan ibu. Di Indonesia kesadaran kesehatan Ibu hamil belum banyak di perhatikan, salah satu faktornya juga merupakan kemiskinan. Ibu hamil tidak sanggup untuk cek rutin kehamilan dikarenakan faktor keuangan, bagi masyarakat sedang ke bawah hal tersebut bagi mereka susah untuk di jangkau jadi mereka tidak begitu memperhatikan hal tersebut. Namun bagi warga miskin bisa juga terbantu dengan adanya bantuan kemiskinan (ASKES).


Poin keenam yaitu perlawanan terhadap HIV/AIDS, malaria, dan penyakit lainnya. Banyaknya seks bebas yang merajalela Indonesia menyebabkan penyakit HIV/AIDS yang menyebar di Indonesia. Selain itu juga narkoba yang membawa pengaruh timbulnya pengaruh tersebut. Apalagi para pengguna yang sangat banyak dari kalangan bawah sampai atas, dari anak kecil hingga orang tua.


Poin ketujuh yaitu menjamin daya dukung lingkungan hidup. Lingkungan hidup masyarakat Indonesia belum begitu baik. Masih menyebarnya lingkungan kumuh, contohnya di Jakarta karena terlalu padatnya jumlah penduduk disana, menyebabkan para pendatang tinggal di lingkungan kumuh seadanya yang ada disana. Air bersihpun tidak tersedia dengan cukup sehingga masih sulitnya mencari air bersih. Namun sudah ada program dari pemerintah untuk mengurangi menyebarnya penyakit DB.


Poin kedelapan yaitu mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan. Indonesia sudah melaksanakan pengembangan pembangunan di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu juga sudah membangun kemitraan dengan negara lain. Untuk pengembangan kemitraan di bidang ekonomi Indonesia masih kurang. Contohnya dalam perdagangan bebas tingkat internasional, banyaknya produk import masuk di Indonesia sedangkan produk Indonesia sendiri kalah bersaing dengan produk luar negeri.

Sebaiknya pelaksanaan MGDS di Indonesia harus lebih diperhatikan agar semua tujuan bisa tercapai.

0 komentar:

Posting Komentar